Blogroll

Perawatan pleci saat musim hujan

Perawatan pleci saat musim hujan - Hai Sahabat Burung Kicau Mania, Pada sharing kicau mania kali ini yang berjudul Perawatan pleci saat musim hujan secara singkat, saya telah menyediakan cara merawat burung kesayangan anda dari awal sampai berkicau. Semoga isi postingan ini dapat di pahami.

Perawatan pleci saat musim hujan
Perawatan pleci saat musim hujan

lihat juga


Perawatan pleci saat musim hujan

Perawatan pleci saat musim hujan
burung Kehujanan
 Perawatan pleci saat musim hujan seperti sekarang sangatlah diperlukan karena. Musim hujan sekarang intensitasnya tidaklah menentu dan sekali hujan disertai dengan angin yang lebat. Hal ini banyak berakhibat kepada kematian sangburung pleci kesayangan sobat. Karena biasanya sang pawang pleci mania agaknya bermalas-malasan atau sering lupa meninggalkan burung yang disangkar masih dalam keadaan  tergantung diluar rumah  , ini bisa berakhibat fatal jika tiba-tiba saja hujan turun disertai dengan angin yang kencang. Bisa-bisa pleci kita kondisi fisiknya bisa drop dan masuk angin . Yang lebih parah lagi kirta bisa gagal lagi jadi sang juara buat lomba minggu dengapan.

Sedikit berbagi saja jika hal demikian dialami oleh sahabat pleci mania. Biasanya jika kondisi seperti sekarang ini saya melalukan perawatan  ekstra di sertai dengan ekstra fooding juga biar stamina tetap stabil dan bagus.

Untuk perawatan pleci saat musim hujan lebih detail berikut;

 

1. Pola penemparan sangkar

Karena musim hujan sekarang tidaklah menetu dan bisa datang kapan saja , baik pada malam hari atau siang hari. Untuk itu selalu waspada dan jika ingin menempatkan sangkar burung pada siang hari dan akan kita tinggal pergi alangkah baiknya kita tempatkan pada  tempat yang aman dan tidak terkena air hujan secara langsung atau kena percikan hujan. Usahakan pilih tempat yang agak hangat jika mendung.
Dan  bila pada waktu malam hari usahakan jangan menepatkan sangkar dibawah talang air takutnya talang tersebut bocor dan dapat membasahi burung atau pakan yang ada didalamnya. Hindari penempatan sangkar pada area yang intensitas keluar anginya kencang. seperti (Ventilsi , dekat kipas angin, atau AC)

2. Pakan Burung.

Sebaiknya saat  musim hujan berikan jenis pakan yang banyak  mengandung protein dan nabati, Supaya suhu tubuh siburung pleci kita tetap terjaga. berikan kroto atau ulat hongkong untuk menjaga kestabilan burung yang kita miliki. Sesekali bisa kita kasih pemanas saat hujan atau kondisi sudah mulai kedinginan. Dan jika perlu kasing kerodong sangkar jika udara terasa dingin.

3. Pola Penjemuran

Untuk pola penjemuran bisa kita lakukan seperti pada perawatan harian. Perbedaanya jika kondisi pagi udara masih sangat dingin bisa dilakukan saat siang hari. Tetap  maksimalkan cahaya matarai selaku mendung belum datang. Jangan menunda-nunda jika ada kesempatan takutnya hujan akan datang secara tiba-tiba.

4. Kebersihan lingkungan sangkar

Selalu jaga kebersihan lingkungan sangkar, karena jika sangkar burung kotor dan lembab ini akan menimbulkan tumbuhnya bakteri dan jamur  pada sangkar. Dan ini bisa menggangu kesehatan burung kita. Usahankan tatakan penampungan kotoran burung pleci selalu dalam keadaan kering dan bersih.
Dan jika hari hujan tempat minum jangan dikasih air yang banyak -banyak soalnya untuk menghindari burung biar tidak mandi secara basah kuyup.

Seperti biasa jika burung  anda sehatkan enak diliatnya dan saat bunyipun kita dapat mendengarkan suara kemerduanya.Selalu waspada pada penyakit yang ditimbulkan saat musim hujan tiba.


Demikianlah Artikel Perawatan pleci saat musim hujan

Sekian Perawatan pleci saat musim hujan, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan kali ini.

Anda sedang membaca artikel Perawatan pleci saat musim hujan dan artikel ini url permalinknya adalah https://kicaumaniaanu.blogspot.com/2016/02/perawatan-pleci-saat-musim-hujan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Perawatan pleci saat musim hujan"

Posting Komentar